Tips Mudik Yang Aman Dan Nyaman Dengan Angkutan Umum

Tips Mudik Yang Aman Dan Nyaman - Budaya Mudik memang tradisi setiap tahun. Ada sebagian orang yang beranggapan, jika tidak mudik rasanya tidak enak. Karena rasa tidak enak itulah yang akhirnya memunculkan paradigma pada setiap orang, kalau pulang kampung adalah sebuah kewajiban. Orang kaya ataupun orang miskin jika waktunya mudik tiba semuanya ikut andil. Yang mempunyai kendaraan pribadi mungk in agak lebih santai dalam menyiapkan semuanya. Tapi bagaimana jika anda tidak memiliki kendaraan, apakah acara mudik juga gagal dilaksanakan?

Jangan takut untuk tidak bisa mudik, anda tetap bisa mudikdengan aman walaupun dengan menggunakan kendaraan umum. Bis contohnya. Bagaimana agar acara mudik anda dapat berjalan dengan lancar walupun hanya dengan menggunakan angkutan umum, dalam hal ini bis kota?

Jangan jadikan puasa sebagai penghalang mudik anda.
~ Jika anda berpuasa, jangan jadikan puasa anda menjadi penghalang dalam bertemu dengan sanak saudara. Untuk itu, coba cek kondisi tubuh anda apakah dalam keadaan fit atau tidak? Jika dirasa tubuh anda tidak nyaman, jangan memaksakan diri untuk pulang, Karena itu secara tidak langsung akan mengancam keselamatan anda. Kita tau akan kerawanan hipnotis belakangan ini, bahya hipnotis dapat menyerang orang-orang yang banyak melamun. Dan orang yang merasa tidak enak badan, akan cenderung lebih banyak melamun daripada dalam keadaan sadar. Untuk itu anda harus menyiapkan kondisi tubuh yang bugar juah-jauh hari sebelum waktu mudik anda.

Bawalah uang secukupnya saja.
~ Jangan membawa uang terlalu banyak. Bawa uang secukupnya saja, siapkan uang anda dalam ATM dan letakkan ATM anda dalam tempat yang berbeda, jangan letakkan ATM tersebut dalam dompet. Tips ini untuk mengantisipasi bahaya copet yang marak terjadi akhir-akhir ini. Jika anda kecopetan, ATM anda tidak ikut hilang bersamaan dengan hilangnya dompet anda bukan? Prepare kebutuhan dan merencanakan kejadian-kejadian selama anda mudik cukup membantu anda untuk menyediakan uang secukupnya. Selain itu, jangan simpan dompet anda dalam saku celana, simpan dompet dalam tas saja.(saat ini ATM cukup banyak tersedia dimana-mana, bahkan sampai ke beberapa desa pun ATM dapat jelas terlihat)

Perhatikan perhiasan yang anda pakai.
~ Jangan memancing para pencopet dengan menggunakan perhiasan yang sangat mencolok. Apalagi anda wanita dan mudik sendirian. Hal ini akan mengundang pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Tidak ada salahnya juga untuk belajar bela diri, selain untuk menyelamatkan diri anda. Anda juga dapat menyelamatkan orang lain jika sewaktu-waktu anda melihat aksi kejahatan.

Pelajari berbagai modus kejahatan
~ Mempelajari berbagai modus kejahatan yang marak terjadi belakangan ini, hal ini pastinya akan cukup membantu anda untuk lebih waspada dalam kendaraan umum.

Sediakan obat secukupnya.
~ Anda adalah orang yang mudah sakit, pusing misalnya. Coba siapkan obat-obatan yang cocok untuk anda dan letakkan tak jauh dari dalam tas, fungsinya, jika sewaktu-waktu anda butuh. Anda dapat dengan mudah menjangkaunya. Dan usahakan jangan memilih obat yang dosisnya dapat membuat anda mengantuk sepanjang perjalanan.

Mudik di awal waktu.
~ Tidak ada salahnya mudik di awal waktu untuk menghindari desak-desakan antar penumpang yang lainnya. Carilah kondisi aman disaat mobil-mobil belum terlalu ramai terisi.

Pilih yang memakai asuransi.
~ Cari Travel yang menyediakan asuransi bagi penggunanya. Asuransi sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu terjadihal-hal yang tidak diinginkan.

Bawa barang seadanya saja.
~ Bawa barang seadanya. Jangan membawa barang yang anda sendiri tidak sanggup membawanya, hal ini pasti akan menyulitkan anda selama diperjalanan. Mengurutkan barang/muatan berdasarkan tingkat kebutuhan akan sangat memudahkan anda selama diperjalanan. Dan letakkan barang-barang kebutuhan anda pada posisi atau tempat yang paling mudah dikelurkan agar tidak perlu membongkar ulang setiap kali anda membutuhkan sesuatu. Sangat mengefisienkan waktu yang anda punya bukan?

Nomor telepon penting.
~ Catat beberapa nomor telepon penting. Jika sewaktu-waktu di jalan anda mengalami kendala, tidak ada salahnya mengantongi , nomor telpon polisi, Jas marga, atau info tol.

Teman selama perjalanan anda.
~ Perjalanan yang panjang akan membuat anda sangat suntuk di jalan, apalagi jika anda mudik seorang diri. Ingin mengajak orang lain bicara, mungkin anda agak sedikit segan. Tidak ada salahnya untuk mambawa buku bacaan untuk menemani perjalanan mudik anda. Selain itu jika anda gemar mendengarkan musik melalui HP usahakan membawa beberapa baterai cadangan, agar jika sewaktu-waktu baterai anda habis, anda tidak perlu pusing jika ingin menggantinya. Selain itu tidak ada salahnya untuk membawa Mp3 player, jika anda tidak ingin batere handphone yang anda punya habis sia-sia.Kapasitas dalam MP3 tentunya lebih banyak diandingkan anda menyimpannya dalam Handphone.

Tinggalkan pesan pada orang-orang disekitar anda.
~ Sebelum anda mudik, ada baiknya anda menitipkan pesan pada orang yang dapat anda percayai. Jangan menitipkan kunci rumah pada orang yang tidak amanah. Anda dapat menitipkan kunci tersebut pada petugas RT atau petugas keamanan yang sering berjaga-jaga di komplek perumahan anda. Selain itu mintalah pada petugas tersebut untuk menyalakan lampu rumah pada jam-jam tertentu, jangan sampai rumah anda terlihat tak berpenghuni karena ditinggalkan pemiliknya.

Sumber : Yusup

tips mudik aman | aman ketika mudik | agar mudik nyaman | nyaman saat mudik | mudik nyaman dan aman | mudik dengan angkutan umum | tips aman mudik | cara mudik aman nyaman| aman saat pulang kampung | pulang kampung nyaman | mudik angkutan umum | kita mudik | mudik selamat sampai kampung | tips mudik 2010 | perjalanan mudik yang aman | cara unik mudik aman dan selamat | selamat mudik | selamat mudik di kampung | aman dalam angkutan umum | mudik cepat dan aman nyaman





Artikel Lain :

35 komentar:

  1. Makasih buat tipsnya yg berharga sekali nih :)

    BalasHapus
  2. harus waspada dan hati2 intinya..

    BalasHapus
  3. tips yang sangat bermanfangat gan,hehe

    BalasHapus
  4. Thank buat tipsnya gan ,, kbtulan ane dan klwrga aga sring mondar-mandir tasik-banding via angkutan umum bus :)

    BalasHapus
  5. Makasih tips mudik yang aman dan nyaman

    BalasHapus
  6. wah banyak juga tips nya ,,
    ok dweh saya coba dengan senang hati saya ucapkan banyak banyak terimakasih atas informasinya,

    BalasHapus
  7. mudik memang sering di gunakan orang ,, mudik lebaran atau hari hari lain nya ,, terimakasih gan ini sangat bermanfaat bagi saya
    terimakasih

    BalasHapus
  8. tips ini sangat berguna karena ya memang setiap tahun pasti tips mudik ini yang di cari sebelum hari raya lebaran

    BalasHapus
  9. tips nya sangat bermanfaat..
    makasih buat informasinya :D

    BalasHapus
  10. di coba dlu gan triknya,, mkasihh buat informasnya

    BalasHapus
  11. semoga saja dengan acuan tips ini mudik kita selamat sampai tujuan, amin.

    BalasHapus
  12. kebetulan bentar lagi orang pada mudik, pasti tips ini sangat berguna bagi khalayak banyak.

    BalasHapus
  13. demi keselamtan kita apa salahnya bila kita mengikuti tips keselamatan untuk mudik.

    BalasHapus
  14. tuk menghindari macet, mendingan mudiknya di awal waktu.

    BalasHapus
  15. Betul tuh kebanyakan para pemudik lebih memilih tidak puasa.

    BalasHapus
  16. Sekarang lagi banyak-banyaknya para pemudik, sehingga jalan pun menjadi macet.

    BalasHapus
  17. Yang paling penting di saat kita merasakan badan kita kelelahan beristirahatlah.

    BalasHapus
  18. kadang kecelakaan berawal dari kelelahan para pengemudi.

    BalasHapus
  19. Terimakasih banyak atas tipsnya..!
    salam kenal dan semoga sukses :)
    semoga selamat sampai tujuan.

    BalasHapus
  20. thank gan atas tipsnya,sangat bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  21. Ada baiknya sebelum mudik amankan juga data2 berharga surat2 berharga di rumah Anda, jika memungkinkan, Anda dapat membeli brankas, sehingga surat2 berharga Anda dapat aman meskipun Anda tinggal pulang kampung.

    BalasHapus
  22. Jika sudah memiliki anak-anak, mungkin ada baiknya merencanakan untuk membeli mobil demi kenyaman putra putri kita selama perjalanan mudik. Jika mobil bekas terlalu mahal, ada baiknya memilih membeli mobil bekas.

    BalasHapus
  23. makasii banget infonya ... :D
    tapi kalo berangkat lebih awal itu kayaknya yg agak susah , kan biasanya kalo yg kerja/sekolah liburnya baru deket" hari raya gan , huhu

    BalasHapus
  24. Helpful once interior home design ya news,
    thanks a lot ya pa specifications and price admin has given free home design this good news.

    BalasHapus