Google Melarang Pertukaran Link, Bagaimana Kita Mensiasatinya?

Kesalahan Para Blogger Dalam Mencari Backlink - Kegiatan Blogwalking (Baca : Manfaat Dari Blogwalking Untuk Blogger) membuat terjadinya interaksi antar Blogger. Dari hasil beberapa komentar terutama di blog dofollow untuk mencari Backlink misalnya : Komentar di List Inner Link Blog Dofollow Indonesia Pagerank 5, Memburu Backlink Dari Blog Dofollow Pagerank 8 , sering terjadi beberapa Kesalahan Para Blogger Dalam Mencari Backlink.

Memang Google sudah mengatur beberapa peraturan para Blogger dalam kegiatan Blogging-nya. Google mengisyaratkan bahwa pertukaran link, jual beli link atau kegiatan SEO lainnya, dalam peraturan yang telah dibuat Link Schemes - Webmaster Google. Berikut adalah pernyataan Google tersebut :

Your site's ranking in Google search results is partly based on analysis of those sites that link to you. The quantity, quality, and relevance of links count towards your rating. The sites that link to you can provide context about the subject matter of your site, and can indicate its quality and popularity. However, some webmasters engage in link exchange schemes and build partner pages exclusively for the sake of cross-linking, disregarding the quality of the links, the sources, and the long-term impact it will have on their sites. This is in violation of Google's Webmaster Guidelines and can negatively impact your site's ranking in search results. Examples of link schemes can include:

* Links intended to manipulate PageRank
* Links to web spammers or bad neighborhoods on the web
* Excessive reciprocal links or excessive link exchanging ("Link to me and I'll link to you.")
* Buying or selling links that pass PageRank


The best way to get other sites to create relevant links to yours is to create unique, relevant content that can quickly gain popularity in the Internet community. The more useful content you have, the greater the chances someone else will find that content valuable to their readers and link to it. Before making any single decision, you should ask yourself the question: Is this going to be beneficial for my page's visitors?

It is not only the number of links you have pointing to your site that matters, but also the quality and relevance of those links. Creating good content pays off: Links are usually editorial votes given by choice, and the buzzing blogger community can be an excellent place to generate interest.

Once you've made your changes and are confident that your site no longer violates our guidelines, submit your site for reconsideration.

Nah, jika terjemahkan pernyataan diatas, ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil. Termasuk kedalamnya Kesalahan Para Blogger Dalam Mencari Backlink :

1. Menaruh Link Exchange Dalam Satu Halaman Postingan. Membuat satu halaman khusus yang berisi kumpulan link, akan dideteksi dengan mudah oleh Search Engine sehingga search engine akan langsung berpikir bahwa kita sedang membuat “Link Exchange:” atau “Tukaran Link” yang dalam praktek Search Engine seperti dinyatakan di atas adalah Illegal. Untuk menghindari ini, sebaiknya kita meletakkan semua link hasil tukar-tukaran link di sidebar atau di footer blog, karena umumnya link seperti ini dianggap sebagai link partner.

Setelah kita membuat Blog, dan kita Daftarkan Blog Ke Search Engine dan memodifikasi blog kita (Baca : Trik Agar Artikel Tidak Bisa Di Copy, Membuat Fungsi Scroll Pada Archive Dan Link List, Membuat Komentar Bisa Di Reply Di Blogspot), kegiatan selanjutnya adalah mencari Backlink dan memperbanyak postingan yang bermanfaat.

2. Menggunakan Anchor Text Yang Tidak Tepat Dalam Exchange Link. Anchor text adalah kata yang terlihat pada sebuah link. Bila kita ingin mendapatkan peringkat yang baik dalam SERP untuk kata kunci tertentu, sebaiknya gunakan kata kunci tersebut sebagai Anchor text blog kita, namun sebaiknya anchor text tersebut memiliki relevansi dengan isi blog kita. Bila tidak ingin mengincar kata kunci tertentu, menggunakan judul blog juga bisa.

3. Tukaran Link Dengan Blog Yang Tidak Relevan. Seperti dinyatakan google di atas, tidak hanya kuantitas dan kualitas link yang penting tapi juga relevansi sumber link terhadap link yang lain yang akan dihitung. Karena itu peringkat blog dengan topik umum dan luas umumnya lebih cepat mendapat peringkat yang baik, karena tukaran link dengan blog lain akan tetap dianggap topik yang sama.

Demikian beberapa hal yang menjadi Kesalahan Blogger Dalam Blogging yang sering kita jumpai, semoga artikel bermanfaat dan membantu. Terima kasih. (Jangan lupa, komentarnya ya..)






Artikel Lain :

36 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya.Semoga membantu para bloger untuk menemukan solusi yang baik.=D
    BTW, udah bergabung dengan program publisher dari http://negeriads.com? Kalau belum,boleh dicoba bergabung. Gratis. Sudah ada 10.000+ publisher yang bergabung, lho. Daftar tanpa biaya, dan selalu dibayar tepat waktu. Silakan dicoba aja.Keteranganlengkap ada di websitenya, :)

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya bro.....
    salam kenal........
    check it out.. FOLLOW ME

    BalasHapus
  3. Thanks ya, info yg bermanfaat

    BalasHapus
  4. Sekarang linjk exchange sudah tidak diperbolehkan google ya,,, baru tahu ane sob

    BalasHapus
  5. waahhh,,hebat-hebat ya blog kakang ini,,,,tetep maju dan semangat deh,,saya akan selalu tunggu postingan yang bisa buat saya mantap di dunia bllogging,,,terima kasih ya

    BalasHapus
  6. Ga begitu ngerti...hehehe...tapi makasih infonya!

    BalasHapus
  7. ane belum berani nglakuin link exchange, takut dimarahin om google. . .

    cari aman saja lahh. . .

    BalasHapus
  8. waduh, anchor text saya msih kurang paham gab gmn nih ??

    BalasHapus
  9. sipp dehh buat siasatnya...
    sukses selalu kang...

    BalasHapus
  10. ane baru belajar seo niy...jd trus penasaran belajar setiap ada informasi baru

    BalasHapus
  11. Thanks for the info, it's very helpful

    BalasHapus
  12. masih kurang ngerti,,tapi thanks banget infonya...

    BalasHapus
  13. wah..klo semua di larang trus gimana dunk??? aneh2 aja ni si om...

    BalasHapus
  14. terimakasih atas sarannya..kali ini aku akan hati2 dech dalam memilih exchange link...

    BalasHapus
  15. kita harus extra hati2 nih untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik jangan sampai kita salah melangkah ntar di sandbox ama google..

    BalasHapus
  16. saya kurang begitu mengerti mas , soalnya letak kesalahannya itu sebelah mana

    BalasHapus
  17. terimakasih banyak atas artikel yang bagus ini, sekarang sangat jarang adanya pertukaran link lagi. saya bahkan tidak menemukan orang yang mau bertukat link lagi. Apa karena sudah tahu kalau google bisa marah?

    BalasHapus
  18. Terimakasih atas informasinya.Semoga membantu para bloger semuanya.

    BalasHapus
  19. makasii banget ya infonya , jadi ngerti dehh saya~

    BalasHapus